Keren, Nyaman, Berperforma Tinggi: Ini Modifikasi OEM

Keren, Nyaman, Berperforma Tinggi: Ini Modifikasi OEM

Dalam industri otomotif, suku cadang pengganti yang berlabel OEM dibuat oleh Original Equipment Manufacturer (OEM). Dengan kata lain, mereka diproduksi oleh pabrikan yang sama yang membuat suku cadang asli yang disertakan dengan kendaraan.

Sebaliknya, suku cadang yang pada dasarnya menyediakan fungsi yang sama atau dari jenis yang sama tetapi telah dibuat oleh produsen lain dikenal sebagai suku cadang non-OEM atau suku cadang purna jual.

Akan tetapi, perlu dicatat bahwa kebanyakan mobil yang dijual saat ini menampilkan suku cadang yang dibuat oleh perusahaan selain perusahaan di balik logo mobil; ini menciptakan situasi di mana beberapa perusahaan menjual suku cadang OEM yang sebenarnya tidak mereka produksi sendiri.

Di masa lalu, kata sifat OEM digunakan untuk menggambarkan perusahaan-perusahaan yang memproduksi suku cadang yang kemudian dipasarkan dengan logo perusahaan lain.

Definisi ini masih berlaku di industri otomotif saat ini. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, dan terutama sejak munculnya Internet, banyak OEM juga mulai menjual produk mereka ke pengecer lain, dan bahkan ke konsumen secara langsung.

Mengenal Kendaraan FWD

Perbedaan antara suku cadang OEM dan suku cadang purna jual dapat menjadi signifikan. Suku cadang OEM memenuhi standar asli dan spesifikasi produk suku cadang asli yang mereka ganti.

Mari kita ambil contoh: Tom telah menjadi pemilik mobil BMW selama beberapa tahun sekarang, tetapi baru-baru ini petugas servis mengatakan kepadanya bahwa kotak kemudi rusak dan tidak dapat diperbaiki. Itu harus diganti. Tom memiliki dua pilihan: membeli kotak kemudi aftermarket, atau membeli kotak kemudi OEM.

Dua item yang berbeda mungkin terlihat serupa dan memenuhi fungsi yang sama, tetapi sementara kotak kemudi after-market menawarkan fungsionalitas yang sama seperti aslinya, kotak kemudi OEM PERSIS seperti aslinya dalam hal desain, fungsionalitas, dan kinerja karena memiliki dibuat oleh produsen yang SAMA. Sembilan dari sepuluh, suku cadang mobil OEM bekerja lebih baik dan lebih pas daripada suku cadang purnajual.

Baca juga  Optimalkan Performa Mobil FWD Agar Kuat Di Tanjakan

Lalu mengapa after-market ada sama sekali? Karena mereka seringkali lebih murah daripada suku cadang OEM, dibuat oleh perusahaan kecil yang mungkin mendesainnya sehingga dapat digunakan tidak hanya pada model mobil tertentu, tetapi pada beberapa model dari pabrikan mobil yang sama, dan terkadang bahkan pada model yang berbeda dari pabrikan mobil yang berbeda. produsen.

Suku Cadang Purna Pasar Biasanya Lebih Murah

Di banyak negara, suku cadang purna jual jauh lebih murah dan lebih mudah didapat daripada suku cadang OEM. Tapi ini seharusnya tidak menyurutkan Anda untuk mencari suku cadang OEM untuk mobil Anda. Saat ini, Internet mempermudah pemilik mobil untuk menemukan suku cadang OEM yang tepat untuk mobilnya dan membelinya secara online meskipun tidak ada dealer lokal yang menawarkannya ? mereka dapat dikirim dari luar negeri dengan biaya pengiriman yang wajar.

Namun, bukan berarti suku cadang aftermarket harus dihindari. Sebagian besar waktu mereka bekerja dengan baik, terbukti menjadi pengganti yang baik untuk suku cadang asli yang rusak atau tidak berfungsi. Jika anggaran Anda terbatas, suku cadang purnajual mungkin satu-satunya pilihan Anda; tentu lebih baik menggunakan suku cadang aftermarket daripada membiarkan mobil Anda berkarat di garasi Anda.

Sebuah peringatan

Saat berbelanja suku cadang, Anda harus mengetahui trik yang digunakan oleh banyak produsen purna jual: suku cadang yang mereka jual memiliki label OEM besar, diikuti oleh kualifikasi kecil seperti ‘memenuhi standar OEM’ yang seringkali sulit untuk melihat pada awalnya. Suku cadang dengan label itu bukan suku cadang OEM! Ini hanya berarti bahwa mereka telah diproduksi dengan spesifikasi yang sama dengan suku cadang OEM.

Jadi berhati-hatilah untuk membuat perbedaan ini, dan berhati-hatilah jika suku cadang berlabel OEM tampak sangat murah. Kecuali jika Anda menemukan obral atau promosi, kemungkinan itu bukan OEM. Suku cadang mobil OEM selalu dilengkapi dengan sertifikasi yang membuktikan keasliannya.

Baca juga  12 Tempat Wisata Alam Tersembunyi Yang Berada di Lombok

Kenapa Coba OEM?

  1. Buat Yang Retro Jadi Relevan

Pertukaran mesin yang populer, seperti pertukaran VR6 dan M5X masing-masing di VW dan BMW, membuat mobil tua lebih relevan sambil tetap mempertahankan sedikit kemurnian.

Pembuatan OEM Plus adalah tentang menjadi yang terbaik dari mobil dengan komponen pabrik. Build OEM Plus, jika dijalankan dengan baik, bisa lebih murah dan lebih mengesankan daripada mobil tuner bolt-on.

Selain itu, menggunakan drivetrain pabrik yang memiliki output lebih tinggi tetapi tidak dimodifikasi memberi Anda tenaga kuda ekstra yang Anda inginkan tanpa mengorbankan keandalan.

Suku cadang Audi/VW Asli, BMW Asli, dan MINI Asli membuat Anda bebas khawatir tentang modifikasi Anda, bahkan jika itu tidak pernah datang dari pabrik di mobil Anda.

  1. Modifikasi Perpanjang Umur dan Performa Mobil

Build OEM Plus menawarkan tampilan unik dengan jumlah penyesuaian tak terbatas yang semuanya berpusat pada penggunaan suku cadang OEM.

Penggunaan komponen asli menghilangkan banyak risiko dalam modifikasi kendaraan sambil tetap memberikan peningkatan kinerja yang menggunakan lebih banyak waktu pengembangan dan penelitian yang dilakukan oleh pabrikan untuk keuntungan Anda.

Itulah penjelasan detail dan alasan kenapa anda mungkin tertarik mencoba Modifikasi OEM. Apabila anda benar ingin mencoba, anda bisa hubungi beberapa bengkel retro di Indonesia, utamanya di Jakarta Selatan untuk mempelajari lebih lanjut.


Leave a Reply

Your email address will not be published.